TAHU KUPAT YANG SELALU TERINGAT

Tahu Kupat yang Selalu Teringat

Teringat tahu kupat maka kita akan mengingat kesedehanaan dari menu ini. Menu ini terbuat dari bahan yang murah meriah. Satu-satunya bahan yang mewah adalah telur dadar atau ceplok di atasnya. Itupun sebagian orang memesan tanpa telor karena sudah kenyang, atau tidak suka telor atau bisa jadi karena tanpa telur harganya jatuh lebih murah.

Tahu kupat khas Solo terdiri dari irisan kupat, tahu goreng diiris kecil, bakwan iris, mie, kacang goreng, jga irisan kol putih dan kuah cokelat  dari kecap yang berbumbu bawang putih.  Di meja biasanya disediakan acar mentimun untuk kesegaran. Penyajiannya diawalai dengan menggerus kasar sebuah cabai rawit di dasar piring baru memasukkan bahan dan kuah. Jadi sebelum makan semua yang di piring di campur  baru dimakan. Rasanya antara manis dan pedas .

Beberapa warung tahu kupat yang selalu dingat warga kota adalah:

TAHU KUPAT MASJID SOLICHIN

Warung tahu kupat ini terletak di jalan Gajah Mada, atau tak jauh dari Monumen Pers Solo. Juga tak jauh dari stasiun Balapan, sebelum lampu bangjo. Ada dua warng tahu kupat di sini yang hampir berjajar. Semuanya ramai pengunjung.

TAHU KUPAT PASAR KEMBANG

Untuk warga Solo bagian selatan, akan menyerbu tahu kupat ini. Tahu kupat ini tak jauh dai pasar Kembang. Kuah telihat lebih hitam meski rasanya kembali pada selera kita. Tapi tahu kupat pasra kembang inipun antri pengunjung

TAHU KUPAT PAK GOMBLOH

Warung tahu kupat Pak Gombloh berada di kawasan barat. Tak jauh dari wedangan Kebon Kulon, depan pasar Kleco. Atau bangjo depan pasar Kleco ke selatan. Tiap jam makan siang tiba tahu kupat ini  penuh pengunjung.

TAHU KUPAT PAK GOMBLOH SONDAKAN

Bila kita lewat jalan Perintis Kemerdekaan di sondakan yang kini searah ke selatan, bila dari perempatan bangjo Purwosari di barat jalan setelah perempatan Mangkuyudan, kita akan menemukan warung tahu Kupat pak Gombloh cabang Kleco,  atau justru ini pusatnya. Sama dengan di Kleco tahu kupat Pak Gombloh Sondakan juga antri pembeli

TAHU KUPAT Jl KARTINI

Di depan SMP X ada warung tahu kupat yang cukup enak dan ramai. Selain berhenti di warung itu, kadang Penjualnya masih suka bekeliling di sekitar monumen pers. Acar tah kupat di sini amat menyegarkan.



RELATED POSTS


LEAVE A COMMENT