HTC_-_ilustrasi_artikel-mei-Makna_Filosofi_Arca_Gupala_di_Gladak,_Keraton_Solo_dan_Tempat_Lainnya

Makna Filosofi Arca Gupala di Gladak, Keraton Solo dan Tempat Lainnya

Ketika sedang berwisata ke Kota Solo dan kebetulan melewati gapura Gladak, sahabat Hartono Trade Center pasti akan melihat adanya patung atau arca gupala di sisi kanan dan kiri dari gapura tersebut. Keberadaannya juga bisa disaksikan saat berkunjung ke Keraton Kasunanan di depan pintu masuk atau mandungan.

Selain itu masih banyak tempat lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur mempunyai arca dengan konsep penataan yang sama. Apalagi pada bangunan kuno seperti candi, akan sering dijumpai. Bahkan tidak sedikit rumah hunian hingga kawasan publik misalnya hotel, museum, kantor dinas pemerintahan dan sebagainya.

Mungkin ada sahabat Hartono Trade Center yang berpikir bahwa keberadaan patung atau arca gupala ini adalah untuk memperindah arsitektur bangunannya saja. Tapi jika ditelaah lebih lanjut, justru memiliki nilai filosofi yang sangat tinggi.

Apa itu arca gupala

Arca gupala adalah patung berujud raksasa dengan wajah yang terlihat menyeramkan. Giginya menyeringai, seakan-akan siap menerkam orang lain atau musuh yang berada dihadapannya. Demikian pula dengan matanya, tidak kalah mengerikan seperti sedang melotot marah.

Sementara itu tangan kanannya memegang senjata bernama gada, mirip pentungan besar. Sedangkan tangan kirinya menggengam hewan ular. Ciri lainnya, selalu berada dalam posisi duduk dengan tubuh yang sangat gemuk dan perutnya terlihat tambun.

Sahabat Hartono Trade Center, pada zaman dulu arca gupala ini biasanya dibuat dari batu gunung atau andesit hingga batu bata. Tapi di masa sekarang, ada sebagian orang yang membuatnya dari campuran semen dan pasir karena lebih mudah dan murah.

Makna filosofi

Masyarakat tradisional Jawa mempunyai satu kepercayaan, bahwa gupala merupakan perwujudan dari makluk ghaib yang berasal dari alam astral. Ada pula yang meyakini, makluk ghaib ini punya kemampuan tinggi untuk menjaga suatu daerah atau wilayah.

Penampakannya yang terlihat mengerikan bukan untuk memunculkan rasa takut, tapi untuk memberitahu jika daerah tersebut sudah mendapatkan perlindungan. Jadi ketika ada tamu yang datang dengan maksud baik, pasti akan mendapat sambutan yang baik pula. Akan tetapi jika punya niat buruk, tentu akan ada perlawanan.

Di sisi yang lain sahabat Hartono Trade Center, arca gupala juga seringkali dimaknai sebagai simbol penghalang. Setiap orang pasti ingin menggapai kesejahteraan maupun kebahagiaan dalam kehidupannya. Tetapi sebelum cita-citanya tersebut bisa terwujud, pasti akan menghadapi banyak sekali rintangan dan cobaan.

Agar berhasil mencapai kemenangan dalam melalui segala masalah tersebut, dia harus dapat mengendalikan diri dari sifat angkara murka dan nafsu duniawi lainnya. Bahkan lebih dari itu, harus siap mengorbankan diri dan tekun dalam berusaha atau bekerja.

Demikianlah penjelasan sederhana terkait makna filosofi yang terkandung dalam arca gupala. Semoga sahabat Hartono Trade Center dapat mengambil pelajaran positif saat menjumpai karya budaya tersebut. Jadi jangan hanya melihat dari nilai seninya saja.



LEAVE A COMMENT