Jenis Kain Penentu Kualitas Batik

Jenis Kain Penentu Kualitas Batik

Bagus tidaknya kualitas sebuah batik dan jangkauan harganya tidak hanya ditentukan berdasarkan proses pembuatannya saja, namun juga ditentukan oleh bahan atau jenis kain yang digunakan untuk mengaplikasikan motif batik tersebut. Jenis kain yang dimanfaatkan dalam pembuatan batik cukup banyak ragamnya. Tentunya harga jualnya pun beragam.

Jenis-jenisĀ  kain untuk batik terdiri dari beberapa level, mulai dari kualitas tinggi hingga kualitas rendah. Untuk kain dengan kualitas tinggi ditempati oleh kain sutra. Kain sutra memang terkenal mahal, karena terbuat dari bulu ulat sutra yang telah diolah. Kain sutra memiliki tekstur yang halus dan lembut. Harganya yang cukup mahal membuat batik dengan bahan kain sutra hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja.

Jenis kain yang kedua yang cukup sering digunakan untuk batik adalah kain mori. Kain ini memiliki beberapa tingkatan dari segi kualitasnya, diantaranya mori primissima, mori prima, mori biru, mori voalisima, dan berkolin. Di antara kain mori yang lain, mori primissima menjadi kain mori yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang juga cukup mahal.

Selain kain sutra dan mori, kain katun menjadi kain yang juga banyak digunakan sebagai pengaplikasian batik. Sama seperti kain mori, kain katun primissima juga menjadi kain katun yang cukup mahal dibandingkan jenis kain katun yang lain. Oleh karena itu, pemilihan katun jenis ini jarang karena terlalu mahal untuk batik murah.

Nah, masih banyak jenis kain lain yang dapat digunakan untuk pengaplikasian batik. Dan pastinya dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Yang perlu diingat adalah, bagus atau tidak, mahal atau murahnya jenis kain semua menjadi pilihan Anda.



LEAVE A COMMENT