Perbedaan Lotek Jogja Dan Solo yang Bikin Penasaran

Perbedaan Lotek Jogja Dan Solo yang Bikin Penasaran

Apa sih yang membedakan lotek Yogya dan Solo? Kita tahu Yogya dan Solo jaraknya hanya satu jam saja naik kereta api. Tapi meski dua kota itu berdekatan tapi untuk masalah menu makanan, pasti ada yang membedakan. Kali ini bakal diulas, apa perbedaan lotek Jogja dan lotek Solo.

Lotek, makanan sehat kaya sayur ini agak mirip dengan gado-gado, masih satu keluarga. Biasanya warung lotek juga menjual gado-gado, rujak cingur dan rujak. Lotek terdiri dari irisan lonthong beras, kangkung atau bayam, timun, irisan tahu tempe goreng, wortel (sebagian ada yang tidak memakai wortel), telur rebus, sambal kacang dan kerupuk gado-gado atau boleh juga ditambah emping. Bahkan kadang ada yang bervariasi dengan menambahkan nanas.

Sambal lotek dan gado-gado agak mirip. Tapi sambal lotek dibuat mendadak, jadi lebih segar. Jika ada pesanan baru dibuat atau diulek sambal loteknya. Sambal lotek segar dimulai dari kencur, bawang putih, cabe rawit, daun jeruk, kacang goreng dengan kulit arinya, terasi dan sedikit garam  dan gula jawa . Semua bumbu diulek semua lalu dicampur dengan sayuran dan semua bahan. Jadilah lotek dengan bumbu yang segar, aroma bumbunya yang alami dan segar terasa harum di hidung. Terutama kencur, daun jeruk dan cabe rawitnya. Paduan gurihnya kacang, manis gula, segarnya kencur dan daun jeruk bersatu dengan pedas cabe rawit membuat kekuatan rasa lotek ini begitu digemari.

Biasanya, lotek dinikmati di waktu siang hari, ketika makan siang. Maka sepiring lotek sudah cukup membuat kenyang karena ada irisan lonthongnya.  Memang beberapa lotek yang dijual di kampung-kampung kadang tak memakai lonthong, karena dirasa lebih ekonomis.

Warung lotek yang ramai dikunjungi pelanggan di Solo antara lain, lotek Bu Tutik dekat Atria, lotek  Prabu di Widuran, lotek Pringgading, lotek bu Marno Penumping, lotek Bu Marni belakang kampus UNS, lotek belakang PDAM Jl Adi Sucipto.

Nah, sekarang saatnya membahas apa yTernyata yang membedakan adalah sayuran hijaunya. Jika lotek Solo menggunakan kangkung rebus tapi lotek Yogya dengan bayam. Semua sama-sama enak dan segar. Sesuai dengan selera masing-masing kota



LEAVE A COMMENT