Tampil Beda Dengan Warna Warni Batik Abstrak

Tampil Beda Dengan Warna-Warni Batik Abstrak

Kota Solo akrab dengan sebutan empu-nya batik tradisional Jawa. Batik Solo memang identik dengan warna sogan dan motif-motif tradisional seperti sidomukti, parang, garuda dan lain-lain. Namun, lain halnya dengan batik-batik yang tersedia di kios Batik Putri Kencana yang terletak di Upper Ground Hartono Trade Centre (HTC) Solo Baru Blok C19. Di kios ini jarang terlihat batik-batik tradisional khas Solo, melainkan batik-batik dengan motif abstrak yang kekinian.

Kios Batik Putri Kencana menyuguhkan kain-kain batik dengan motif abstrak nan cantik. Perpaduan antara motif tradisional dengan motif kontemporer membuat kain tersebut menjadi lebih hidup dan dinamis. Apalagi dengan perpaduan warna yang beragam dengan nuansa cerah, pastel hingga gelap. Keunikan warna-warni batik ala kios batik Putri Kenanga ini membawa suasana baru dalam berpenampilan berbatik.  Berbeda dengan nuansa batik Solo yang terkesan gelap, kaku dan klasik.

Batik warna-warni tersebut diproses dengan teknik batik cap. Tentunya prosesnya pun agak lama dibandingkan dengan batik printing biasa. Bahkan motif-motif tersebut ada yang dibuat sendiri untuk menghadirkan motif yang berbeda dan eksklusif. Di kios ini ada dua jenis kain batik yang ditawarkan, polosan dan jarik. Untuk kain batik polosan bukan berarti tidak ada motif sama sekali, melainkan warna motif hampir sama dengan warna dasar karena proses pewarnaan hanya sekali. Sebaliknya, kain batik jarik melalui dua kali proses untuk mendapatkan pewarnaan yang lebih beragam.

Batik-batik abstrak milik kios ini ternyata merupakan produk ekspor, tak heran bila batik ini sangat diminati oleh pasar luar negeri. Karena produk ekspor, kualitas bahannya sangat terjaga. Mayoritas bahan yang digunakan adalah kain primis yang lebih adem dan nyaman saat digunakan.  Satu potong kain batik ini bisa didapat mulai harga 35 ribu – 50 ribu per meternya.

Selain kain batik, kios batik Putri Kenanga juga menyediakan aneka macam fashion batik abstraknya. Mulai dari blouse, dress, bolero dan hem. Untuk fashion batik dibanderol harga mulai 120 ribu – 250 ribu.



RELATED POSTS


LEAVE A COMMENT