edit

PERHATIKAN 4 CARA DASAR INI SAAT MEMBELI BATU PERMATA

Batu permata memang bukanlah jenis batu sembarangan, melainkan batu yang memiliki harga yang cukup fantastis dan bisa memberikan prestise bagi si pemakainya. Saat ini, tidak hanya diperjualbelikan, batu permata pun juga dijadikan sebagai alat investasi. Meskipun masih kalah dengan emas, dan tidak terlalu menguntungkan jika diinvestasikan.

Ternyata memilih batu permata tidak bisa asal, karena banyaknya batu permata palsu yang beredar. Nah, untuk anda yang tertarik untuk membeli, atau berbisnis, dan juga berinvestasi dengan batu permata perhatikan 4 hal ini agar tidak tertipu dengan batu permata palsu.

Warna Batu Permata.

Saat memilih batu, perhatikan tingkat ketajaman warnanya. Semakin tajam dan tampak eye catching, maka bisa dipastikan kualitas batu permata tersebut baik.

Tingkat kejernihan / kecerahan batu.

Selain warna yang tajam, tingkat kejernihan/ kecerahan batu perlu menjadi perhatian. Batu yang jernih cenderung akan tembus cahaya ketika disoroti, meskipun tidak semua batu permata asli akan tembus cahaya namun bisa dilihat dari teksturnya yang mengkilap seperti kristal. Satu lagi yang perlu dipahami adalah bahwa seasli apapun batu permata tidak ada yang 100% sempurna, karena merupakan bentukan asli dari alam.

Potongan Batu.

Bentuk potongan batu perlu menjadi perhatian, khususnya pada tingkat presisi dan jenis potongannya. Semakin simetris potongan batu baik dari segi panjang, tinggi, maupun lebarnya maka akan semakin bagus. meskipun tidak semua batu akan diporong secara simetris karena sudah memiliki pakemnya sendiri.

Karat/Ukuran Berat.

Kesesuian berat menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan karena berat pun menjadi penentu harga batu. Batu asli dan palsu bisa dilihat dari ringan dan beratnya batu saat dipegang. Material batu buatan cenderung lebih ringan karena biasanya terbuat dari kaca.

Nah, setelah memahami cara-cara tersebut pastikan lebih selektif memilih batu permata yang sesuai dengan diri Anda ya.



LEAVE A COMMENT