PASAR TRADISIONAL KOTA SOLO YANG MELEGENDA

Pasar Tradisional Kota Solo yang Melegenda

Mal-mal semakin banyak berdiri  di sekeliling kita, juga mini market yang mencegat kita di manapun kita pergi. Tapi meski begitu kita tak mungkin meninggalkan pasar tradisional kota solo.

PASAR GEDHE

Yang diingat dari pasar Gedhe adalah dawet telasihnya juga lenjongannya. Tapi di pasar gedhe ini mungkin pasar tradisional kota solo yang paling komplit. Bila kita menari satu bahan makanan yang susah dicari di pasar lain, biasanya akan ketemu di pasar Gedhe. Misal krokot merah, bayam merah, buah bit, terung belanda dan masih banyak lagi. Banyak yang istimewa dari pasar ini, misal karak yang dijual di sini sangat dicari oleh masyarakat dengan label”karak pasar gede”. Mie telur basah juga cukup terkenal di sini. Bakso bulat jugaterkenal enak untuk dibawa pulang dimasakkan kuah sendiri atau sop. Pasar Gede berada di pusat kota.

Pasar Legi

Pasar Legi terkenal dengan grosirnya. Atau pusatnya hasil bumi sebelum didistribusikan ke pasar lain atau warung lain yang lebih kecil. Selain itu pasar legi juga pusatnya perberasan, banyak truk berhenti menurunkan hasil buminya langsung dari desa-desa.Bila kita lewat pasar legi di depannya banyak orang mejual buah nangka yang sudah dikupas, juga buah durian. Tentu menurut  musimnya. Bila masuk kedalam akan bertemu dengan banyak buruh gendhong juga para pengupas bawang.

Pasar Kadipolo

Pasar traditional kota solo ini tak begitu besar tapi cukup komplit. Daging sapi tebaik dan ayam terbaik terkenal di pasar ini. Buah-buahan yang di jual di jalan depan pasar juga menjadi barang yang dicari. Pasar Kadipolo terletak di kawasan selatan di jalan Dr Rajiman di dekat dulunya Rumah Sakit Kadipolo dan bersebrangan dengan pasar Kembang

Pasar Hardjodaksino

Terletak di kawasan selatan bagian timur. Pasar ini lumayan komplit dan ramai karena beada di depan jalan bus antar kota. Bila kita ingin membeli janur kuning dan pisang raja lengkap untuk acara tuwuhan mantu. Biasanya di pasar ini menjualnya, bahkan terlihat d pinggir jalan.

Pasar Kleco.

Pasar Kleco berada di daerah barat. Di dekat gapura batas kota yang dibangun PB X.  Pasar ini cukup ramai dan komplit menyediakan semua bahan pangan dan hasil bumi untuk masyarakt di daerah barat.

Pasar Jongke

Pasar Jongke terletak di kelurahan Pajang, sebelum tugu liin Pajang. Pasar ini cukup luas. Di dini hari sayur-sayur segar telah datang dari desa-desa.  Sampai menjelang siang pasar ini masih ramai dan barangnya pun masih komplit. Ada beberapa kios bumbu pawon dan empon-empon, penggilingan daging dan pemarutan kelapa. Beras dan buah tersedia cukup. Jmau gendhong dan nasi liwet juga terlihat siap menunggu pembeli.



RELATED POSTS


LEAVE A COMMENT