HTC_-_ilustrasi_artikel-agustus-Nikmat_dan_Segarnya_Tengkleng_Mbak_Diah_di_Tanjung_Anom_Sukoharjo

Nikmat dan Segarnya Tengkleng Mbak Diah di Tanjung Anom Sukoharjo

Saat bertandang ke kota Solo, sahabat Hartono Trade center akan menjumpai berbagai kuliner khas dengan cita rasa yang menggoda selera. Salah satunya adalah thengkleng kambing Mbak Diah yang ada di Tanjung Anom, Sukoharjo, tidak jauh dari kawasan Solo Baru.

Namanya tidak hanya terkenal di seputaran Solo saja. Banyak wisatawan dari daerah lain yang tertarik mengunjunginya, karena masakan thengkleng Mbak Diah memang sangat nikmat dan segar. Apalagi rumah makan ini juga menyediakan aneka santapan lain dari kambing lainnya seperti gulai, sate dan tongseng.

Favorit presiden Soeharto dan Jokowi

Thengkleng Mbak Diah mulai berdiri pertamakali sekitar 20 tahun lalu atau tepatnya pada 1998. Saat itu sahabat Hartono Trade Center, destinasi wisata kuliner ini hanya berupa warung kaki lima saja dengan ukuran yang sangat kecil.

Melalui keuletan pemiliknya yang bernama asli Bakdiah, usaha ini dapat berkembang dengan pesat. Bahkan saat ini telah berhasil membuka beberapa cabang di kota Solo, namun yang paling terkenal tetap yang berada di Tanjung Anom, Solo Baru.

Salah satu pelanggan terkenal yang sering datang ke sini adalah mendiang Presiden Soeharto. Menurut cerita, pada masa Orde Baru Bakdia sering mendapat panggilan ke Jakarta untuk membuat masakan thengkleng bagi keluarga Cendana.

Bukan itu saja sahabat Hartono Trade Center, Presiden Jokowi, saat pulang kampung juga sering datang ke thengkleng Mbak Diah bersama istri dan anak-anaknya. Pejabat lain yang juga pernah menikmati kesegaran dan kelezatan masakan ini adalah Jusuf Kalla.

Sementara itu pada hari biasa, jumlah pengunjungnya selalu ramai dari pagi hingga sore. Jumlah porsi yang terjual bisa mencapai 300 porsi. Apalagi saat libur, wisatawan yang datang jauh lebih banyak hingga dua kali lipat.

Bumbu pilihan

Meski sudah beroperasi selama puluhan tahun, thengkleng Mbak Diah tetap memiliki cita rasa yang tak pernah berubah. Paduan bumbunya terasa istimewa karena memakai bahan-bahan dengan kualitas nomor satu. Terutama untuk daging kambingnya, selalu dipilih yang masih muda sehingga tidak alot.

Sahabat Hartono Trade Center yang pernah datang ke tempat pasti punya pendapat yang sama. Thengkleng Mbak Diah tidak hanya memiliki cita rasa nikmat dan segar saja, tapi juga gurih. Kuahnya enak dan dagingnya tidak prengus atau amis. Selain itu saat masuk ke mulut juga terasa empuk.

Sebelum masuk ruang makan atau saat parkir kendaraan di halaman depan, wisatawan sudah bisa mencium aroma kelezatan masakan hasil olahan Bakdiah. Siapa saja pasti akan tergoda untuk segera mencicipi dan menikmati aneka hidangan yang tersedia di warung makan ini.

Kemudian untuk harganya, juga tidak terlalu menguras isi kantong. Setiap menu, bisa sahabat Hartono Trade Center nikmati dengan harga Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 saja per porsi, termasuk minumannya. Jadi saat berlibur ke Solo, jangan lupa mampir ke sini.



LEAVE A COMMENT