EDIT

JAGA KUALITAS SPREI DENGAN 4 TAHAP MENCUCI SEPERTI INI

Sprei menjadi salah satu perlengkapan yang bisa mempercantik ruang tidur. Selain memperindah ruangan, sprei juga menjadi salah satu penentu kenyamanan tidur kita. Seperti yang kita ketahui, bahan dari sprei cukup beraneka ragam. Mulai dari bahan yang berkualitas rendah hingga berkualitas super bagus. Perbedaan kualitas inilah yang juga mempengaruhi awet tidaknya sprei yang kita gunakan.

Namun, ternyata awet tidaknya sprei juga dipengaruhi dari cara kita mencucinya, lho. Nah, baiknya kita pahami dulu cara mencuci sprei yang benar agar sprei kita tetap awet apapun kualitas bahannya.

Pisahkan Sprei dari Cucian Baju.

Ukuran sprei yang relatif besar bisa ganggu aktivitasmu mencuci pakaian yang lain. Selain bikin riweh, sprei juga akan mudah rusak jika dicampur dengan pakaian, karena untuk mencuci sprei perlu perlakuan yang lebih khusus dibanding mencuci baju. Dan juga, hal ini bisa menghindari jika warna sprei luntur dan mengenai baju dengan warna yang cerah.

Rendam Sprei dengan Air Hangat dan Detergen.

Sebelum benar-benar mencucinya, baiknya sprei direndam dalam air hangat dan larutan detergen. Lama perendaman kurang lebih 1 jam saja, agar sprei tidak berbau apek. Nah, dalam hal ini hindari penggunaan pemutih dalam bentuk apapun, ya. Karena pemutih bisa merusak warna asli dari spreimu.

Masukkan ke dalam Mesin Cuci atau Cuci Manual.

Untuk tahap pencucian, mencuci dengan mesin cuci atau pun manual bisa digunakan. Namun, untuk menjaga kualitas kain sprei tetap nyaman, mencuci manual lebih dianjurkan. Jika mencuci dengan mesin cuci, usahakan mencuci sprei terpisah dengan mencuci baju atau pakaian yang lain. Dan jangan mencuci dalam setelan putaran yang terlalu keras, karena bisa merusak kain sprei. Nah, sedangkan untuk cuci manual, jangan pernah menggunakan sikat karena bisa menyebabkan sprei menjadi berbulu dan tidak nyaman digunakan.

Jemur dengan Posisi Terbalik.

Pada saat menjemur, baliklah posisi dalam sprei di luar dan hindari sengatan matahari secara langsung. Hal ini untuk menjaga agar warna sprei tetap awet dan tidak lekas pudar.

So, merawat kualitas sprei bisa dimulai dari caramu mencucinya, kan?



LEAVE A COMMENT