ES DAWET TEPUNG BERAS PASAR KADIPOLO

ES DAWET TEPUNG BERAS PASAR KADIPOLO

Es dawet pasar Kadipolo terletak di dalam los Pasar Kadipolo. Kiosnya masuk ke ujung selatan pasar. Jadi dari depan pasar, tentu kios dawet Pak Cip ini tak terlihat. Kita masuk dulu ke dalam pasar, dan baru bertanya ke pada siapapun yang lalu lalang dalam pasar, pasti sudah kenal dengan dawet pak Cip ini. Karena dawet Pak Cip ini sudah berpuluh tahun lalu berjualan dawet.

Es dawet pasar Kadipolo ini uniknya adalah dawetnya bukan dibuat dari tepung yang biasa dipakai pada umumnya dawet. Kita biasa minum es dawet biasanya warnamya hijau dan licin, rasanya kenyil-kenyil. Tapi  dawet  Kadipolo ini berbeda. Dawet Pak Cip ini sengaja dibuat dari tepung beras. Kita sudah bisa bayangkan rasa pati berasnya. Tentu saja dawet ini dibuat sendiri, bukan membeli di tengkulak atau pabrik. Maka tekstur dawet tepung beras terlihat berbeda, tidak begitu licin seperti umumnya. Dan rasanya, nah ini yang terpenting. Rasanya jauh lebih enak, ada rasa gurihnya, dan lebih padet atau dof bila itu permukaan kertas. Bila kita mencobanya, akan terasa di lidah kita rasa yang lain, ada yang berbeda pada dawet ini.

Dawet Kadipolo ini warnanya merah jambu dengan sirup merah pula. Sirupnyapun dibuat sendiri oleh Pak Cip bukan sirup  yang dibeli dari buatan pabrik maka tentunya dengan gula murni. Rasa sirup tanpa campuran pengawet itu rasanya memang lebih mantap dan semakin original saja rasanya.

Rasa dawet Kadipolo ala Pak Cip ini makin sempurna, ketika Pak Cip memberi langkah akhir yang menentukan dari semangkuk dawetnya. Yaitu dengan garnish perasan jeruk nipis. Tapi garnis itu tak terlihat karena hanya perasannya saja. Rasa jeruk nipis segar yang khas itu menampah rasa dawet Kadipolo ini makin segar dan sedap. Uniknya lagi, pak Cip selalu menambahkan perasan seiris jeruk nipis ini sebelum disajikan pada pembeli. Jadi  pak Cip menyediakan secara fresh irisan irisan kecil itu untuk tiap porsi, bukan ditampung dulu air jeruknya itu baru menuang sesendok-sendok. Dan Tiap irisan untuk seporsi bukan untuk lebih dari satu porsi. Jadi akan banyak irisan segar jeruk nipis tersedia.

Selain di pasar Kadipolo, kini Dawet Kadipolo Pak Cip buka cabang di dekat SMA Al Islam di Kartopuran atau pasar Kembang ke selatan sedikit, tepatnya  berada di barat jalan.



LEAVE A COMMENT