HTC_-_ilustrasi_artikel-september-Desa_Ngrombo_Sukoharjo,_Desa_Wisata_Paling_Kreatif_2021_Se-Indonesia

Desa Ngrombo Sukoharjo, Desa Wisata Paling Kreatif 2021 Se-Indonesia

Tidak jauh dari Solo Baru atau berjarak sekitar 5 km dari pusat bisnis dan pemukiman paling kondang di Surakarta tersebut, terdapat sebuah desa bernama Desa Ngrombo. Sahabat Hartono Trade Center, beberapa waktu belakangan ini desa ini jadi buah bibir di masyarakat karena keluar sebagai juara satu lomba desa wisata se-Indonesia.

Melalui lomba bertajuk BCA Desa Wisata Award 2021, Desa Ngrombo meraih juara pertama dalam kategori desa paling kreatif. Lomba ini sendiri diikuti oleh sekitar 465 desa dari berbagai wilayah di Indonesia. Melihat banyaknya jumlah peserta, dapat jadi bukti bahwa desa ini mempunyai kelebihan yang sangat istimewa.

Sekilas tentang desa Ngrombo

Ngrombo merupakan nama sebuah desa yang terletak di Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo dan terbagi jadi 14 dukuh dengan jumlah penduduk sekitar 3,19 ribu jiwa. Sejak puluhan tahun lalu desa ini telah terkenal sebagai sentra industri pembuatan alat musik gitar.

Hingga sekarang jumlah pengrajinnya mencapai sektiar 212 orang dan masing-masing memiliki 3 hingga 5 karyawan. Sehingga terdapat kurang lebih 600 orang yang terjun langsung dan terlibat dalam industri UMKM tersebut.

Kondisi inilah yang kemudian membuat Desa Ngrombo mampu tampil sebagai desa kreatif. Selain itu sahabat Hartono Trade Center, masih ada faktor lain berupa peran warga yang aktif ikut terlibat mengembangkan berbagai macam potensi wisata yang ada dengan tetap menonjolkan nilai-nilai kearifan lokal setempat.

Selain itu banyak masyarakat yang tak segan mengikuti pelatihan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sehingga mereka lebih mampu memperkuat citra Desa Ngrombo sebagai desa wisata.

Potensi wisata

Meski lebih terkenal sebagai pusat industri kerajinan gitar, sebenarnya Desa Ngrombo masih memiliki potensi lain yang sangat bagus dikembangkan sebagai obyek wisata. Beberapa diantaranya yaitu wisata kuliner, budaya dan alam hingga pendidikan.

Jika sahabat Hartono Trade Center berwisata ke dasa ini, akan langsung melihat ikon utama desa ini dalam bentuk patung gitar di setiap wilayah RT. Jenisnya tidak selalu



LEAVE A COMMENT