Edit

CABUK RAMBAK, MAKANAN KHAS SOLO YANG UNIK DAN LANGKA

Jika berkunjung ke Kota Solo, kurang lengkap rasanya jika tidak bersantap kuliner khas. Kota Solo sendiri dikenal dengan makanan khas seperti Nasi Liwet, Serabi, Selat Solo, dan masih banyak lagi. salah satu kuliner Solo yang wajib dicicipi selain makanan tersebut adalah Cabuk Rambak.

Bagi orang Solo asli pasti langsung bisa membayangkan seperti apa bentuk dan bagaimana rasa dari Cabuk Rambak. Tapi bagi orang di luar daerah Solo, pasti masih asing dengan makanan yang satu ini.

Cabuk Rambak memang tidak setenar Nasi Liwet Solo yang bahkan bisa dijumpai di kota lain. Makanan khas Solo ini masih sangat jarang bisa dijumpai di kota lain. Bahkan, di Kota Solo sendiri pun, tidak banyak penjaja Cabuk Rambak yang benar-benar lezat dan gurih.

Makanan ini berfungsi sebagai makanan sela karena volumenya yang tidak seberapa besar dan tidak terlalu membuat kenyang. Dibuat dari ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, lalu disiram dengan saus wijen yang dicampur kemiri dan kelapa parut yang terlebih dulu disangrai.

Saus ini lah yang membuat makanan ini terasa lebih lezat dan nikmat. Cita rasa unik yang gurih dengan sedikit pedas akan melumer di lidah saat pertama kali disantap. Uniknya, cita rasa ini tidak ditemukan di makanan-makanan yang lain.

Oleh penjaja di pinggir jalan, Cabuk Rambak biasanya disajikan tidak dengan piring tetapi dengan daun pisang yang dibentuk pincuk. Nama “cabuk” sendiri mengacu pada wijen atau sejenis sambal/saus dari wijen yang dibakar.

Yang agak mengherankan, nama “rambak” dalam makanan ini tidak sesuai sama sekali, karena tidak ada kerupuk kulit (rambak) yang disajikan. Melainkan beberapa potong karak atau sejenis kerupuk yang terbuat dari nasi kering dan bleng yang melengkapi kelezatan Cabuk Rambak ini.

Keunikan lain dari Cabuk Rambak adalah cara untuk menyantapnya. Jika makanan lain disantap dengan sendok atau garpu, makanan ini akan terasa lebih nikmat jika kita menyantapnya dengan lidi atau biting yang sudah dipotong kecil dan dibentuk lancip pada kedua ujungnya.



LEAVE A COMMENT